Investasi Emas Batangan

Alasan Emas Batangan Lebih Bagus Untuk Investasi

Posted by

Kemilau emas memang seakan-akan tidak pernah pudar, sudah sejak zaman dahulu emas sudah dikenal sebagai alat tukar yang universal dan paling umum di masyarakat.

Harga emas memang relative lebih stabil disaat pasar saham bergejolak dan harga minyak dunia turun belakangan ini, memang sudah tidak diragukan lagi abahwa harga emas tidak ikut bergejolak.

Tak heran bagi sebagian orang terutama kaum hawa emas masih menjadi prioritas investasi tabungan mereka, karena memang di indonesia emas tergolong mudah dijual, dalam akuntansi pun emas digolongkan sebagai salah satu harta yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi selain uang tunai.

Para pedagang emaspun mengakui harga emas cenderung stabil jika dibanding komoditi lainnya, karena itu emas masih dianggap sebagai instrumen investasi yang menjanjikan.

Perencana keungan yakni, bapak Aidil Akbar juga merekomendasikan bagi mereka yang ingin investasi serta tidak mau mengambil banyak resiko, emas bisa menjadi pilihan menarik.

Namun Aidil menyarakan emas yang dijadikan sebagai investasi bukanlah emas perhiasan, melainkan emas batangan dengan kadar 24 karat, jika emas perhiasan maka akan dikenakan ongkos pembuatan yang tidak sedikit dan sifatnya subjektif karena belum tentu sesuai seleran, sedangkan emas batangan akan berlaku universal asal memiliki sertifikat.

Salah satu yang menjadi unggulan dari dulu hingga sekarang, yakni masih bisa digunakan dari zaman nenek kita, itu adalah emas alias logam mulia yang berarti emas 24 karat bersertifikat, Karena kalo emas perhiasan kan rata-rata 22 karat jadi dia ada ongkos pembuatannya.

Memang trend harga emas dari waktu ke waktu teru meningkat bahkan jika dilihat dari 2005 hingga tahun ini harga emas sudah melonjak lebih dari 100%.

Namun seperti instrumen investasi lainnya emas juga memiliki kelemahan seperti:
1. Jika menyimpan terlalu lama, emas juga tidak bagus karena dapat merusak fisik emas yang tentu akan mempengaruhi nilai jualnya
2. Faktor keamanan juga menjadi pertimbangan utama jika membeli emas, apalagi sebagian besar masyarakat indonesia masih menyimpan emas dirumah

Sudah tahu alasanya kan kenapa emas perhiasan itu tidak cocok untuk investasi, masih mau memilih emas perhiasan untuk investasi? keputusan ada ditangan anda.

Namun jika memang anda serius berinvestasi maka ada baiknya mulai mengoleksi emas batangan yang lebih memiliki nilai jual yang tinggi jika dibanding dengan emas perhiasan sesuai dengan penjelasan diatas.