Gejolak Investasi 2016

Gejolak Investasi di Tahun 2016

Posted by

Indeks harga saham gabungan di tahun ini banyak membuat orang kecewa tapi di tahun 2016 kondisi perekonomian dunia diprediksi akan jauh lebih baik tentu hal ini akan membawa pasar di negara berkembang ikut membaik.

Apa saja yang bisa dilakukan investor sekarang berikut analisis ihsg dari lurik agam BNI securities

Refleksi kondisi ekonomi pasar modal pada tahun 2015 ini Tentunya memang relatif kurang begitu positif ya dan kalau kita lihat pada tahun 2014 relatif menurut Ekspektasi kepada pertumbuhan ekonomi yang diharapkan bisa tumbuh mencapai 5% ini tampaknya akan bisa terealisasi sekitar 4,7 sampai 4,8%

Disisi lain juga kita lihat perlambatan pertumbuhan ekonomi ini juga akibat dari daya beli konsumen yang relative melemah.

Sehingga tingkat konsumsi domestik itu juga menurun dan kalau kita lihat dalam beberapa tahun terakhir ini Konsumsi domestik itu memberikan kontribusi lebih dari 50% terhadap perkembangan ekonomi nasional.

Di sisi lain juga kita lihat pembangunan infrastuktur tidak sejalan dengan seperti apa yang diharapkan oleh pasar termasuk penyerapan anggaran pemerintah untuk pembangunan infrastuktur dan target pajak pun juga bisa kita ketahui tidak dapat terealisasi hingga sampai sesuai dengan harapan.

Nah kondisi-kondisi ini akhirnya memberikan situasi kondisi kepada kelemahan dari pada bursa saham kita yang kita ketahui memang pergerakan cukup fluktuatif ya di tengah-tengah faktor ketidakpastian yang relatif juga masih tinggi.

Ketika The Fed belum memutuskan untuk menaikkan suku bunganya setelah The Fed menaikkan suku bunganya 25 basis point menjadi 0,5% sekarang ini kita harapkan adalah ke depan bahwa kenaikannya itu akan lebih Gradual paling tidak kenaikan selama 1 tahun itu tidak lebih dari 1% atau 100 basis poin.

Ini juga diharapkan bisa menopang potensi pertumbuhan ekonomi global kalau pertumbuhan ekonomi global itu membaik tentunya Indonesia juga akan diuntungkan dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi yang kami prediksi bisa mencapai kalimat emas 5%-17% pada tahun 2016.

Hal ini juga ditopang dengan konsumen kita yang lebih baik dan juga konsumsi domestik yang akan mengalami peningkatan ketika hal itu terjadi tentunya laba korporasi pun juga akan membaik kami prediksi laba korporasi pada tahun 2016 itu akan tumbuh sekitar 14,8%.

Ini juga akan berpengaruh pada potensi penguatan daripada indeks harga saham gabungan kita bisa menguat mencapai ke level 5950 sesuai dengan apa yang kami proyeksikan sesuai dengan asumsi asumsi yang kami gunakan.