Investasi Reksadana Bagi Pemula

Investasi Reksadana Bagi Pemula PART 1

Posted by

Saat ini investasi Reksadana menjadi alternative bagi sebagian besar masyarakat luas, mengingat kondisi pasar saham masih diliputi ketidakpastian tapi ini bukan jadi alasan untuk tak memulai bisnis reksadana, karena reksadana pun bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan.

Termasuk bagi para pemula yang belum mengerti jauh secara dalam tentang usaha menguntungkan ini. lalu apa saja keuntungan berinvestasi di Reksadana, berikut tips dari Putu Hendra andanawarih direktur bisnis Manulife aset manajemen Indonesia.

Keuntungan Investasi Reksadana

Berikut akan dijabarkan gimana keuntungan reksadana bagi pemula

1. Fleksibilitas
Reksadana memungkin masyarakat umum untuk melakukan penanaman dana tanpa modal besar, tanpa perlu pengetahuan yang luas, bahkan tanpa adanya waktu. Karena hanya dengan Rp 100rb mereka bisa investasi di pasar modal, tanpa harus mengerti penetrasi dipasar modal.

Karena dengan adanya manajer investasi (Fund Manager), masyarakat masih bisa melakukan investasi dipasar modal, jauh lebih mudah, efisien serta efektif.

2. Waktu
Anda sebagai investor kerjaannya tidak melulu dipasar modal karena mungkin saja anda memiliki bisnis lain, jadi bisa sebagai investor yang memiliki sejumlah dana, kemudia anda mempercayakan kepada fund manajer untuk mengelola kebutuhan investasi anda.

3. Hukumnya Jelas
Secara fisik hukumnya menjadi jelas dan telah syah diatur dalam undang-undang.

Dalam hal ini saja dapat disimpulkan bahwa reksadana memiliki tingkat keleluasaan yang lebih besar dibanding jenis lain dipasar modal. maka sangat disarankan bagi pemula yang baru saja terjun pada pasar modal untuk cerdas dalam memilih jenis investasi

Nah setelah anda tahu keuntungan dari reksadana, maka mungkin sekarang anda berfikir untuk mencari tahu, gimana cara kita memilih fund manajer yang berkualitas yang memiliki jam kerja yang tinggi, handal serta telah berhasil dalam mendulang keuntungan dari reksadana yang mereka kelola, berikut ini adalah ulasannya?

Cara Memilih Manajer Investasi Yang Tepat & Berkompeten

1. Melihat Reputasinya
Sebagai calon investor anda juga mesti melihat rekam jejak serta pengalamannya dipasar modal, karena ini akan berpengaruh besar pada laba yang nantinya akan anda dapatkan, semakin bagus rekam jejak maka semakin profesional fund manajer tersebut.

Serta melihat reputasinya secara individual dan secara team (perusahaan) dalam mengelola uang para investor yang telah di amanahkan.

2. Melihat Kinerja Produk Yang Dikelola
Dari sini akan terlihat seberapa profesional dari fund manajer karena kita dapat mengetahui track record, juga kinerja dari produk yang dikelola pada periode saat ini dan periode sebelumnya.

3. Pelayanan Yang Diberikan Manajer Investasi
Service yang diberikan juga mesti dilihat, yakni mengenai kemudahan komunikasi dua (2) arah antara anda dan fund manager untuk dihubungi.

Sebagai contoh pada situasi ini adalah anda dapat menanyakan mengenai investasi atau pilihan reksadana mana yang cocok untuk tujuan investasinya. Nah materi ini akan kami update pada artikel selanjutnya.

4. Biaya Manajer Investasi Harus Transparan
Yang tidak kalah penting adalah biaya-biaya yang mesti transparan untuk diberitahukan kepada nasabahnya.

5. Melihat Manajer Investasi Di Media Masa
Tidak sedikit media masa yang melakukan peringkat reksa dana terbaik (fund Manager terbaik) itu juga bisa menjadi alat bantu serta tolak ukur, namun tidak disarankan hanya percaya pada satu sumber. Investor juga tetap memiliki tugas untuk memilih sesuai keinginan yang paling bagus,

Seberapa Aman Berinvestasi di Reksadana?

Jika dibilang aman maka reksadana cukup aman karena secara hukmnya sendiri reksadana telah diatur dalam undang-undang.

Dari bentuknya juga sudah aman, pelaku dan pengelola itu juga ada aturannya. Jadi, kita selaku manajer investasi nanti ada bank custodian, secara tugasnya melakukan penelitian terhadap kekayaan reksadana itu semua di atur undang-undang.

Jadi kalo dibilang aman, reksadana itu aman scara undang-undang.

Serta reksadana memiliki sifat transparan, transparan dalam arti setiap saat setiap hari harus melaporkan kekayaannya kepada masyarakat.

Jadi, masyarakat bisa mengetahui posisi investasinya berapa. Dari sisi pengelolaan itu juga aman karena manajer investasi itu hanya pengelola namun tidak memegang uangnya.

Ada bank kustodian yang punya uangnya namun tidak bisa mengelola, jadi investor itu menguasakan investasinya untuk dikelola fund manajer dan di administrasi di bank kustodian.

Cara Berinvestasi Yang Benar

1. Seyogyanya investor itu disarankan untuk memiliki tujuan investasi, karena jika investor tidak memiliki tujuan investasi, itu biasanya investasinya tidak akan maju.
2. Kalo sudah memiliki tujuan, tentukan jangka waktunya, karena tujuan dan jangka waktu ini menentuka jenis reksadana atau alat investasi yang akan diambil.
3. Jadi kuncinya adalah semakin panjang jangka investasi, investor itu dimungkinkan untuk mengambil resiko yang lebih tinggi, sedangkan secara pembelian,
a. Beli sekaligus
b. Secara bertahap

Kalo kita menyarankan jangan pernah sekaligus, kenapa? Kalo kita investasi semuanya besar, secara psikologi kita akan deg-degan dihari pertama.

Belum belajar sudah terekspos dengan resiko yang tinggi. Disarankan investor untuk melakukan secara bertahap pelan-pelan.