Kiat Aman dan Mudah Tukar Uang Saat Berlibur

Posted by

Di libur akhir tahun atau Natal nanti, mungkin kamu berencana untuk pergi berlibur ke luar negeri. Empat bulan dari sekarang adalah waktu yang tepat untuk cek harga tiket pesawat promo kemudian membelinya.

Selain menyiapkan tiket pesawat, akomodasi, paspor dan Visa. Yang paling penting adalah memiliki mata uang negara yang kita tuju untuk bertransaksi. Namun, sebelum menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang asing, kamu harus mengetahui tempat mana saja yang aman dan apa saja yang harus dilakukan saat menukarnya.

Di bawah ini kiat-kiat mudah dan aman untuk menukarkan mata uang, di antaranya:

Ilustrasi money: pixabay

1. Menukarkan Uang di Bank
Cara aman untuk menukarkan uang asing salah satunya di Bank. Sebelum pergi ke luar negeri, sebaiknya tukarkan uang di Bank lokal. Hanya saja, menukarkan uang di Bank memerlukan beberapa proses tahapan.

Pertama, kamu harus mengisi formulir, fotokopi paspor, dan memenuhi persyaratan lainnya. Bahkan memerlukan NPWP. Kekurangan utama yang disesalkan orang-orang yang hendak pergi ke luar negeri adalah nilai tukarnya lebih kecil. Sebaiknya pilihlah Bank dimana tempat kamu membuka rekening dan juga menambung.

2. Menggunakan ATM atau Kartu Kredit di Negara Tujuan
Sebelum pergi ke luar negeri, sebaiknya hubungi pihak Bank. Hal ini sangatlah penting mengingat cara aman untuk menukarkan uang saat di luar negeri bisa melalui ATM dan juga kartu kredit.

Tanyakanlah pada pihak Bank apakah kartu debit yang dimiliki bisa digunakan untuk menarik uang tunai di luar negeri atau tidak. Umur kartu debit yang bisa menarik uang tunai di luar negeri memiliki logo Visa atau MasterCard.

Nilai tukar uangnya atau kurs akan sesuai pada saat jam kamu mengambil uang. Yang perlu diperhatikan saat mengambil uang nanti adalah biaya charge-nya berkisar Rp20.000 hingga Rp50.000. Jadi, dalam sekali ambil lebih baik besarkan nominalnya.

Sedangkan penggunaan kartu kredit di luar negeri lebih baik digunakan untuk bertransaksi dibandingkan penarikan uang tunai. Kartu kredit pun membebankan charge disetiap transaksinya. Biaya charge di luar negeri pun biasanya lebih tinggi.

Untuk menyiasatinya kamu bisa mencari merchant yang telah bekerjasama dengan perusahaan penerbit kartu kredit. Biasanya akan ada diskon untuk transaksi menggunakan kartu kredit.

Gunakan kartu kredit apabila keadaan mendesak. Lebih baik tetap menggunakan uang tunai saat bertransaksi di luar negeri.

3. Hindari Menukarkan di Bandara atau Hotel
Tempat aman untuk menukarkan uang ketika berlibur adalah Bandara atau Hotel. Di Bandara atau Hotel biasanya perusahaan Money Exchange atau Money Changer membuka counter.

Namun sebaiknya lakukan penukaran uang di kedua tempat ini jika memang dalam kondisi genting. Kurs mata uang di kedua tempat ini tergolong kecil. Bahkan kamu dapat kehilangan hingga 20% dari kurs yang ditetapkan. Selain itu, tidak semua Hotel memiliki fasilitas penukaran uang.

5. Menukarkan di Money Changer
Money Exchange atau Money Changer tempat favorit untuk menukarkan atau membeli uang asing. Berjamurnya Money Changer di setiap Kota dan Negara perlu membuat kita waspada dalam memilih.

Pilihlah Money Changer yang sudah memiliki surat izin dan reputasi tinggi. Keuntungan menukarkan uang asing di Money Changer lebih mudah dan cepat prosesnya dibandingkan di Bank.

Money Changer yang dimaksud di sini Money Changer yang berada di bangunan bukan counter Bandara atau Hotel. Money Changer biasanya menyesuaikan penukaran dengan kurs yang berlaku.

Hanya saja, beberapa perusahaan Money Changer menetapkan komisi tiga hingga lima persen. Maka dari itu, kamu perlu bertanya lebih dulu. Sebaiknya tukarkan uang seminggu sebelum keberangkatan dan pilihlah saat Pasar Uang mulai dibuka pada Senin atau Selasa.

6. Tukar Uang di Indonesia. Tapiā€¦
Sebaiknya tukar mata uang asing maksimal seminggu sebelum keberangkatan. Sehingga kamu dapat mengetahui fluktuasi terhadap kurs mata uang asing.

Jika di Bank atau Money Changer Indonesia tidak memiliki mata uang negara yang kamu tuju, lebih baik tukarkan uang dalam bentuk Dollar AS.

Baru kamu dapat menggantinya setelah tiba di negara tujuan. Dengan mempunyai cadangan mata uang Dollar AS akan membuat kamu lebih tenang selama di luar negeri karena hampir semua negara menerima mata uang Dollar AS. Dari total dana perjalanan, alokasikan 20% untuk dana darurat dan tukarlah uang secukupnya.

Itulah lima kiat mudah yang bisa lakukan untuk menukarkan uang saat berlibur. Selain kiat di atas, kamu bisa menanyakan kepada teman, saudara atau forum traveling mengenai tempat penukaran uang asing yang terpercaya dan memberikan nilai sesuai dengan kurs yang berlaku.

Biasanya mereka yang hobi melancong sudah memiliki tempat andalannya sendiri. Sama halnya ketika kamu mencari harga tiket murah di reservasi com, harga tiket pesawat yang dicantumkan adalah harga sebenarnya. Tanpa syarat dan ketentuan.