Merosotnya Nilai Tukar Rupiah

Merosotnya Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar

Posted by

Nilai tukar rupiah terhadap dollar kian tahun kian mengkhawatirkan saja, setelah pada tahun 2014 rupiah cukup cerah pada kisaran Rp11.000 maka pada tahun 2015-2016 rupiah sempat berada pada level terendah pascar reformasi.

Cukup mengkhawatirkan memang apa yang terjadi dengan rupaih pada saat ini, sudah pernah dibahas pada post ini Faktor Global yang mempengaruhi rupiah dan faktor domestik yang menyebabkan pelemahan rupiah, memang ada banyak faktor.

Dari sisi global memang masih tidak terpungkiri bahwa amerika masih menjadi salah satu biangkerok dari pelemahan rupiah ditambah dengan krisis yang melanda eropa dan china semakin memperpara saja nilai tukar rupiah.

Namun kita masih sangat beruntung karena Devisa pada tahun 2016 cukup berada pada level yang tinggi, sedangkan jika ditilik dari sisi dalam dan luar negeri.

Kita juga tidak bisa memalingkan wajah terhadap kondisi dan iklim investasi di negara tercinta yang kian memburuk dan sangat mengkhawatirkan.

Banyak pengamat yang memprediksi bahwa tahun ini memang bukan tahun dari equity market namun pasar akan jauh lebih berspekuatif dan bond market atau pasar obligasi.

Dengan prediksi ini diharapkan surat utang negara akan memberikan sumbangsih terhadapa pertumbuhan negara termasuk dalam peningkatan infrastruktur dan pembangunan laiinya.

Rupiah masih belum bisa beranjak pada level Rp 13.500 apakah ini berarti rupiah telah berada pada titik keseimbangan? kita harap tidak.

Karena jika ini terus begini tanpa adanya upaya dari pemerintah termasukd dari kabinet kerja serta dari Bank Indonesia, maka masih ada kemungkinan bahwa rupiah akan kembali menyentuh pada level Rp 14.000

Kondisi ini akan semakin bergejolak karena orang akan menjual dollarnya sementara ada penumpukan cadangan dollar di bank dan rupiah yang semakin menghilang dipasaran

Jika kondisi tersebut sampai terjadi maka akan sangat disayangkan sekali bahkan oleh segenap bangsa dan negara ini, jangan sampai era reformasi kembali lagi itu adalah saat-saat rupiah berada pada titik terendah semenjak berdirinya republik ini.

Kita bisa mengupayakan dalam bidang peningkatan ukm dengan cara memberi kualitas lebih pada barang yang akan kita ekspor ini nantinya kan terkait dengan deman dari market luar.

Bila market luar selain pasar amerika dan chinan merespon baik maka kita akan memiliki pasar alternative jikalau kedua negara ini dalam tahap goyah.

Bagaimanapun chinan tetap menjadi pasar besar bagi negara ini, dan kita berharap terus upaya dari pemerintah untuk menekan kembali dollar.