Faktor Domestik Penentu Nilai Tukar Rupiah

Nilai Tukar Rupiah Dari Sisi Domestik

Posted by

Untuk faktor nilai tukar rupiah dari luar negeri sudah kami jelaskan pada post “Faktor Global Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah” nah sekarang mari simak faktor-faktor nilai tukar rupiah dari dalam negeri

Faktor Yang Akan Memperngaruhi, Naik Turunya Rupiah?

Ketidakpastian di sisi ekonomi ataupun politik seperti yang sekarang terjadi kalau ini berlarut-larut Tentunya membuat orang menjadi ketakutan kan menjadi nervous sehingga mereka merasa nggak aman, dan mereka beralih ke safe return investment, safe return investmen biar bagaimanapun masih tetap dollar, sehingga bisa mendorong terjadinya permintaan dollar yang berlebihan.

Kemudian defisit dineraca transaksi berjalan kita, kalo itu tidak bisa dikurangin, misal pemerintah tidak bisa mengurangi secara signifikan itu kan artinya permintaan dolar.

Apakah dia untuk permintaan impor, pembayaran barang impor ataupun untuk dollar untuk Pembayaran utang luar negerinya mereka ataupun dollar untuk income repatriasi mereka itu kan permintaannya bisa makin meningkat.

Ssementara supplynya kalau kita nggak bisa mengimbangi gimana supply itu kan berasal dari ekspor dari Capital inflow nah ini kok gak bisa mengimbangi itu kan akhirnya menyebabkan terjadinya tekanan-tekanan terhadap rupiah.

Jadi artinya kesimpulannya bahwa memang nilai rupiah ini masih sangat Rentan Rentan kayak sekarang ini rupiah masih bergerak mencari titik keseimbangan tuh dimana, karena supply demand masih bergerak terus.

Di dalam Faktor Global, Ancaman Dari Mana Yang Paling Dekat?

Dalam jangka pendek Amerika, kalau misalnya tiba-tiba yellen (Gubernur Bank Sentral Amerika) bilang bahwa wah ternyata data data makro Amerika to better than expected gitu jadi misalnya pertumbuhannya ternyata yang ekspektasi cuman 2,5 ternyata bisa 2,7 keatas, terus juga inflasinya juga yang terjadi perkirakan 2% ternyata udah mulai mengarah ke 2,5 misalnya gitu ya atau pun juga uninfloiment juga menurun lebih cepat dibandingkan perkiraan.

Misal Gubernur bank sentral amerika bilang kayak gitu aja deh tidak perlu dia bilang saya mau naikin suku bunga, Kapan nih gak perlu bilang gitu market langsung bergerak market langsung ambil persepsi.

karena kita kita bicara market ya apakah itu capital market ataupun recurency itu dia bergerak ekspektasi, jadi dia melihat baru berkata seperti itu, mereka pandangannya tuh pandangan lebih oke, lebih optimis, nah market akan langsung berkesimpulan.

Oh berarti Amerika akan lebih mempercepat kenaikan suku bunganya karena sekarang market ekspectation adalah di pertengahan tahun 2015

walaupun aku tetap melihatnya ini masih temporaly, masih sesaat, Sepanjang pemerintah bisa Maintenance fundamental kita bahwa trend penurunan defisit dikarenakan dalam satu bisa berjalan lama kemudian juga apa Masalah inflasi bisa terkendali masalah pemerintah bisa menjamin bahwa kita BI dalam hal ini bisa menjamin dollar kita cukup kok (stok masih tersedia).

Mereka sudah mengeluarkan berbagai macam instrumen dan sekarang devisa kita juga terus mengalami peningkatan yang sekarang sudah U$102M

Faktor Mana Yang Lebih Berpengaruh Untuk Rupiah, Global atau domestik?

Kalau domestik mungkin lebih bisa diprediksi Kayak misalnya curent account defisit ataupun angka inflasi atau angka utang luar negeri kan ada datanya lebih transparan gitu jadi gitu nggak tahu menimbulkan guncangan yang signifikan.

Kalau saya untuk domestik mungkin yang agak kita konsen sebenarnya politik ya ini gambaranya seperti apa aja kalau misalnya nanti hasil ini kan 9 mei, kemudian abis tuh kan masing-masing melakukan announcement strateginya ke depan apa segala macam, kalau itu juga kalau itu mengecewakan Pasaran itu masih tinggi juga ketidakpastian misalnya koalisinya susah dan sebagainya lah gitu

Nah itu bisa menggerakan kalau udah global itu juga bisa dari Amerika khususnya yang tadi aku bilang cuman Biasanya kalau sifatnya seperti itu lagi ya dia kan lebih temporer dan lebih ke fundamentalnya Seperti apa gitu lo sendiri.

Secara Fundamental Nilai Rupiah Sendiri Berapa?

kalau aku sih ngeliatinnya itu sebenernya nilai fundamental rupiah itu kalau diitung-itung di level Rp 11.000 sampai Rp 11.500 jadi kalau kita bicara saat saat ini mestinya sudah di fundamentalnya, tapi memang, kita memang dulu mengarahnya bahwa fundamental baru akan mengarah ke semester kedua.

Setelah arahnya sudah mulai jelas, dari politik sudah ada kepastian dan dari sisi ekonomi amerika juga sudah pasti, stimulus juga sudah jelas, kenaikan suku bunga juga sudah jelas.

Tapi yang lebih enak jika dari sisi domestik aspek politik juga sudah pasti dan itu aku perkirakan paling ke Rp 11.500
Kayak sekarang inikan mau menembus ke Rp 11.200 itu juga sebenarnya masih belum yakin